Informasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014

Penilaian SNMPTN Undangan (Bagian 1)

HAL-HAL YANG DIJADIKAN PENILAIAN SNMPTN UNDANGAN ada beberapa hal yang dijadikan penilaian di SNMPTN Undangan. Perlu dicatat bahwa: Penilaian adalah otoritas MASING-MASING KAMPUS dan penilaian secara rincinya tidak diumumkan. hanya garis-garis besarnya saja yang dipublish. berikut ini beberapa kriteria penilaian yang secara umum digunakan, jadi mungkin aja ga semuanya kriteria yang gue tulis ini diperhatikan, atau mungkin cuma beberapa aja.

1. Nilai Raport
secara keseluruhan Di SNMPTN undangan, nilai raport yg di UN kan yang dijadikan acuan pemeringkatan. untuk bandingin si A dan B, maka secara umum, lihat nilai total

2. Nilai per mata pelajaran
misalnya si A dan si B ambil biologi di kampus yg sama. secara peringkat si A kalah, tp nilai biologi si A lbh baik dari si B. maka si A tetep bs bersaing dgn B. Prefer yg mana? itu keputusan masing2 kampus.

3. Konsistensi
Kalo tahun lalu, konsistensi menjadi syarat. misal taun lalu, pd sekolah akreditasi A bisa ngirim 50% siswa terbaik dan harus konsisten. Konsisten disini adalah yg ga pernah keluar rank 50% selama semester 3-5. Jd tiap sekolah biasanya ga sampe ngirim 50%nya. itu aturan konsisten oleh panitia snmptn. Kalo konsisten ketika penilaian oleh kampusnya, itu beda2 dan g diketahui seberapa penting dan pengukurannya gimana. Menurut pengalaman, ada juga yang semester 5 nilainya jatuh, diterima di FH UI. Jadi ukuran konsistensi tergantung masing-masing kampus.

4. Prestasi di luar kelas
Kamu dapat melampirkan, maksimal 3, prestasi terbaikmu. Nanti piagam/sertifikat di scan trus upload ke panitia ketika daftar.

5. Akreditasi/Prestasi Sekolah
prestasi sekolah di ajang kompetisi2 jg bisa menjadi pertimbangan. seperti sering menang olimpiade2 atau lomba2 lain. otomatis alumni sekolah tersebut juga akan terangkat namanya.

Lanjutannya http://snmptnppa.blogspot.com/2012/10/penilaian-snmptn-undangan-bagian-2.html

Penilaian SNMPTN Undangan (Bagian 1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ari Candra Arista

31 komentar:

  1. Apakah hal ini sudah dikonfirmasi kebenarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal ini didasarkan pada beberapa kriteria yang memang PTN publish dan dari pengamatan tahun2 lalu :)

      Hapus
  2. Min, kalo tahun lalu kan jumlah prestasi yang diliput maks. 3, kalau tahun ini apakah sama atau berbeda kebijakannya?

    BalasHapus
  3. Min kalau prestasi di bidang junalistik terus bawa nama sekolah menang juara 1 se-Provinsi gitu bisa masuk hitungan gak selain olimpiade?

    BalasHapus
  4. Kak.. saya masih bingung melampirkan piagam kak, karena hanya maksimal 3. Misalnya gni kak. saya ikut lomba siswa berprestasi tk kabupaten dan dpt juara 1, sementara di provinsi saya dpt juara 3. Nah pernah saya denger kalo ada universitas yg lebih mementingkan piagam juara 1, sebaliknya ada universitas yg lebih mementingkan piagam juara di tingkat yang lebih tinggi (piagam provinsi dibandingkan kabupaten)ato yg lain. Menurut kakak bagaimana? Tlg sarannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. provinsi yg ngadain siapa? kabupaten yg ngadain siapa?

      Hapus
  5. kalau cuma sertifikat peserta osn atau lomba yg diadakan fakultas-fakultas ptn min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OSN disini OSN nasional apa kabupaten? kalo cuma peserta kabupaten ga usah :)

      Hapus
  6. kak, klo prestasi organisasi boleh dilampirkan ?

    BalasHapus
  7. kalau prestasi di sekolah misalnya piagam juara umum ato piagam siswa terbaik kejuruan bisa min??

    BalasHapus
  8. Kaaak mau tanya dooong! Kalo mau udah scan sertifikat sm piagam ntar pas di upload, formatnya dlm bentuk apa? Jpg apa pdf kakk?

    BalasHapus
  9. kak, boleh nanya, aku punya piagam kabupaten juara 1 yang ngadain nya dinas pendidikan.., trus piagam nasional sbg peserta, yang ngadainnya univ. brawijaya.. , lebih bagus yang mana kak ?? pliss.. kasih sarannya ya kak

    BalasHapus
  10. kak kalo aku cuma punya piagam 1 doang gimana ka?ngaruh ga sama diterima atau engganya di suatu universitas?makasih ya kak ditunggu jawabnnya

    BalasHapus
  11. kak, piagam yg di upload tahun ini ada tulisannya tiga tapi kok saya upload sampai 5 kok bisa ya? :v

    BalasHapus
  12. mau nanya kalo sertifikat yg dilampirkan itu apakah harus dari sma? smp boleh ga?

    BalasHapus
  13. min kalau peserta osn nasional menunjang gak?

    BalasHapus
  14. min alau peserta osn nasional sama juara 3 kabupaten mending yang mana? atau dua-duanya aja?

    BalasHapus
  15. Yang mau tau tentang UKT (Uang Kuliah Tunggal) di PTN Indonesia yuk simak http://iramaengineering.blogspot.com/2013/05/apa-yang-dimaksut-dengan-ukt-uang.html … kita bisa tau tentang UKT, cocok buat yg udah keterima undangan tp galau sma UKT

    BalasHapus
  16. http://iramaengineering.blogspot.com/2013/05/apa-yang-dimaksut-dengan-ukt-uang.html

    BalasHapus
  17. Kalo taun ini murid pindahan sem 4 bisamasuk jalur undangan ngga sih min? makasih :)

    BalasHapus
  18. ka, klo sklahnya blom dpat akreditas tpi kita udh ngeraih lmyan bnyk lmba nasional gmna dong? cntohnya sklah ini bru buka thun ini jdi blum ada alumni, nah untuk dpt akreditaskan butuh 3 alumni pdahal angkatan 1 sklah ini sdh mnyumbang bnyk penghargaan, baik nasional, provinsi bhkn ada yg internasional. jdi murid sklah ini bsa dpt jlur undangan ato nda ka?

    BalasHapus
  19. yand diambil semester berapa saja buat SNMPTN ???

    BalasHapus
  20. kak mau nanya, sertifikat yang dilampirkan itu harus sertifikat selama SMA atau boleh dari kejuaraan smp?

    BalasHapus
  21. ka, mau nanya dong, tolong di jawab... kalau sertifikat kita punya dari universitas, kan tingkatnya nasional.. tapi kita hanya peserta, bukan juara.. ngaruh gak kak..?

    BalasHapus
  22. Kalau untuk 2014 gimana penilaiannya ya?

    BalasHapus
  23. saya punya sertifikat . juara 1 seni tari tk. nasional yang di adakan di IPB. saya punya 3 sertifikat juara . kira kalau ngambil IPB sinkron gak >?

    BalasHapus
  24. Kak mau tanya , maksud nilai rapot yang di un kan itu gimana ? Untuk anak IPA hanya biologi, fisika, kimia, matematika, B Indo, B. Ing saja ? Atau untuk anak IPA ditambah dengan nilai sejarah, geografi, ekonomi ?

    BalasHapus
  25. Kak, apakah penyertaan piagam untuk prestasi diluar kelas hanya dikhususkan pada prestasi akademik saja? Apakah piagam non-akademik tidak bisa disertakan ?

    BalasHapus