Informasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014

Instrumen Seleksi SNMPTN Undangan UI 2012

Info ini diperoleh resmi dari web UI ya, kamu bisa mendownloadnya sendiri disini http://bintangpelajar.com/wp-content/uploads/2012/01/simakui_snmptn.pdf

Instrumen Seleksi UNDANGAN di UI tahun 2012:
1. Skor siswa = (bobot mata pelajaran,  nilai siswa, indeks sekolah)
2. Indeks sekolah = (IPK lulusan, jumlah lulusan yang kuliah di UI)
3. Jumlah Maksimal yang dapat diterima di Program Studi (kuota per prodi)
4. Maksimal yang dapat diterima di UI

Nah Penentuan Kelulusannya didasarkan pada:
1. Diurut berdasarkan skor siswa (bobot mata pelajaran,  nilai siswa, indeks sekolah)
2. Analisa kestabilan nilai
3. Dalam satu sekolah,  prioritas yang di atas. artinya skor siswa yang lebih tinggi lebih prioritas apabila berasal dari satu sekolah yang sama.
4. Mempertimbangkan yang tidak mampu (BIDIK MISI) (SNMPTN Undangan)
5. Prioritas IPS di Program Studi IPS. (jadi sulit nih apabila IPS milih jurusan IPA. tapi jurusan IPA bisa milih jurusan IPS)
6. Jika tidak diterima di pilihan pertama, di alokasikan di pilihan ke dua jika masih kosong (SNMPTN Undangan).

Catatan: Hanya peserta yang tidak lulus SNMPTN Undangan yang diproses di PPKB Paralel/Vokasi/Talent Scouting. Jadi apabila Lulus Undanganm maka jika ikut PPKB Paralel/Vokasi/TS otomatis akan gugur. FYI PPKB Paralel/Vokasi/Talent Scouting merupakan penjaringan mahasiswa baru melalui raport dan prestasi, tanpa ada tes tulis lagi.


</!--more-->

Instrumen Seleksi SNMPTN Undangan UI 2012 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ari Candra

33 komentar:

  1. Kak, kalau SMA-ku masih sekolah baru, baru 1 angkatan yg lulus & skrg aku angkatan kedua. Di UI ada 2 org angkatan 1 jurusan MIPA & Manajemen.

    Kl aku mau masuk FKUI lewat Undangan bisa gak ya? Aku ranking 1 dr semester 2 sampai skrg, tp nilai rata-rata blm sampai 9, semester 3 8,9 & semester 4 8,8. Kl untuk Kedokteran cukup ga?? Takut gabisa krn msh sekolah baru:( dijawab ya makasiih

    BalasHapus
  2. jadi kalo anak dari jurusan IPA bisa daftar di jurusan IPS kan? alhamdulillah udah jelas jawabannya..

    BalasHapus
  3. @bella: waduh ga bisa dipastiin bella kalo kayak gini. karena harus melihat nilai pesaingmu juga
    kalo kamu dari daerah mungkin bisa

    @cinda: bisa :)

    BalasHapus
  4. Di sekolah ku anak ipa ga boleh daftar undangan ips &sebaliknya. Itu cuma peraturan dari sekolah atau emg aturan dari pemerintahnya gitu ya? Kemaren pas bedah kampus ui soalnya ketemu anak manajemen yg anak ipa & undangan.

    BalasHapus
  5. Min, jadi di ui nerima undangan yg dr jurusan ipa ke jurusan yg ips ?

    BalasHapus
  6. @audi: itu peraturan di sekolahmu aja, kalo panitia SNMPTN ga ngelarang

    @restu: iya, bedasarkan tahun lalu

    BalasHapus
  7. brrarti misalkan, kita yg di jurusan ipa di sma mau masuk ke jurusan sastra inggris atau hi bisa dong ? tapi di sekolah aku yg ipa ga bisa ambil undangan buat jurusan ips, gmn dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, ya mending tanyakan dulu deh alasannya kenapa. pada dasarnya bisa

      Hapus
  8. min, aku sama temen aku kebetulan milih jurusan yg sama di ui buat snmptn undangan. dan kita sama2 masuk dlm 50% ranking satu angkatan. tapi, ranking temen aku lbh tinggi dari aku. apa masih ada peluang buat aku diterima? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya secara rank dia lebih diutamakan. kalo nilaimu tinggi dan banyak alumni di UI mungkin aja diterima.

      Hapus
    2. alumni aku yg ada disana lumayan banyak. maksudnya nilai tinggi itu nilai apa aja?

      Hapus
    3. maksudnya km dan temenmu termasuk rank atas

      Hapus
  9. kak, misalkan mau ambil FK Unair ataupun FK UGM tapi di dua univ itu kalo diliat alumni gak ada yang dari sekolahku untuk 5 tahun belakangan ini (cttn : khusus fakultas kedokteran aja yang gak ada alumninya). jadi gmn kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo alumni dilihat secara keseluruhan. kalo peringkatmu bagus gpp dicoba

      Hapus
  10. Kak, Tahun lalu ada kakak kelasku yang keterima undangan. terus adek kelasnya masih bisa ga yah kak?

    BalasHapus
  11. nilai rata2 buat undangan musti 90 keatas ga yang keterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue undangan kemarin 85 sekarang jadi mahasiswa FHUI

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. saya bukan adminnya. saya alumnus di suatu SMA Negeri di Jakarta Timur

      Hapus
  12. jd intinya yg d terima di univ pilihan 2 itu jarang ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang banget dek. biasanya yang keterima itu universitas pilihan pertama dan di jurusan pilihan pertama

      Hapus
  13. ka, kalau misalnya kita uda ikut test di PTS, terus lolos ternyata, itu waktu ngisi data PTN buat undangan masih bisa gak?

    BalasHapus
  14. kak, makasi banget buat infonya :)
    aku mau nanya, kalo kayak prestasi2 akademis maupun non akademis dari lomba2 itu diperhitungkan nggak ya buat direima di univ. tertentu?
    terus, kalo kayak Politeknik Pelayaran, sekolah penerbangan, dll itu apa sistemnya beda sama UI, UGM, dan sejenisnya? kalo beda, bedanya apa ya kak..?
    terimakasiih :)

    BalasHapus
  15. Kak mau tanya kalau masuk Fasilkom UI dari lulusan SMK kira-kira berat gak ya? Apa aja yang harus disiapin?

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum.
    Admin, kalau saya mau masuk Prodi baru Ekonomi Islam UI tapi belum punya alumni yang di UI tapi katanya tahun kemarin ada tpi prodi ilmu sejarah. bagaimana ya kak masih ada harapan atau nggak?

    BalasHapus
  17. admin, saya mau tanya, mohon dijawab ya min.
    Saya SNMPTN UNDANGAN tahun ini ambil UGM, dan saya juga akan ikut PPKB UI yang VOKASI min.. apakah PPKB UI saya akan di proses oleh UI sedangkan saya tidak ambil UI di UNDANGAN tahun ini. THANKS min :)

    BalasHapus
  18. kak, mau tanya, jadi kita bisa lintas jurusan? saya dari IPA n mau ambil jurusan sastra inggris UI. oia emang bener ga sih ka, misalnya disekolah saya ada juga siswa dari jurusan IPS yang mau ambil jurusan yang sama dengan saya. namun karena dia IPS dia lebih di prioritaskan? meskipun nilainya berbeda? trims kak.

    BalasHapus
  19. kak, saya mau tanya. dijawab yaa :)

    saya anak IPA, tapi saya ingin sekali mengambil jurusan kriminologi. dan saya lihat kriminologi hanya ada di UI. nah, kira-kira apa saya bisa mengambil jalur undangan di jurusan tersebut bila saingan saya anak IPS? karena saya anak IPA, apa hanya nilai semester 1 saja yang dinilai?

    BalasHapus
  20. kak, maksudnya "jika lulus snmptn undangan maka ppkb otomatis gugur" itu gimana? misalnya saya diterima di fe ugm trus ppkb fe ui saya ngga diproses? saya pernah baca di forum ui katanya ui ngga terintegrasi dgn universitas lain jd ngga pake sistem begitu. makasih kak :)

    BalasHapus
  21. min, ngga ada daftar nilai rata2 yg masuk undangan tahun kemarin ya?

    BalasHapus