Informasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014

Penilaian SNMPTN Undangan (Bagian 2-selesai)

6. Prioritas pilihan jurusan
Bedasarkan survey tahun 2012 (1300an responden), 92% yg diterima undangan diterima di kampus pilihan I (baik jurusan pertama atau kedua). jadi mesti diperhatikan urutannya juga. kalo bisa yang realistis, tinggi boleh, tapi jangan terlalu.

7. Jumlah Alumni di PTN yang didaftarin
Jumlah alumni SMA mu yg kuliah di PTN yg km daftarin jg menjadi pertimbangan. Semakin banyak tentu makin bagus.

8. IPK/Prestasi Alumni
Jika alumni SMA mu punya prestasi bagus, tentu itu akan membuat PTN itu yakin thd kualitas siswa/i di sekolahmu.

9. Pengembangan SDM Daerah
Beberapa PTN memberi jatah daerah2 tertentu yg kekurangan SDM. Terutama jurusan2 yg menyangkut kesejahteraan masyarakat, seperti dokter. Karena nanti setelah lulus diharapkan bisa kembali dan meningkatkan kesejahteraan daerah asalnya.

10. Aturan Khusus tiap PTN
Aturan dari kampus perlu diperhatikan, terutama ttg 'lintas jurusan' dan 'surat pernyataan kesediaan membayar'. Tahun 2012, beberapa kampus membolehkan lintas jurusan (misal anak IPA milih jurusan IPS), namun ada jg yg ga boleh.

beberapa PTN jg mensyaratkan surat kesediaan membayar, misal UGM dan ITB. Bila ga ngirim bisa kena biaya mahal atau malah bisa juga tidak diproses (di UGM).</!--more-->

Penilaian SNMPTN Undangan (Bagian 2-selesai) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ari Candra Arista

35 komentar:

  1. di poin 10 disebutkan kalo "beberapa kampus membolehkan lintas jurusan" apa ini berarti lebih banyak yg ga membolehkan?
    adakah info kampus mana aja yg ga membolehkan?

    BalasHapus
  2. min, kalo misalnya pgn undangan di salah satu ptn tp disana gaada alumni dari sma kita gmn? kemungkinan diterimanya kecil banget ya?

    BalasHapus
  3. Kak, aku mau nanya kak. Aku udah kirim email sm kk, dibales ya kak

    BalasHapus
  4. @deitsuki: biasanya yang bisa itu IPA ke IPS, itu jg ga mudah jg, soalnya saingannya anak IPS juga

    @photography: ya kalo kita bicara kemungkinan, enggak bisa dipastiin, tapi km kalah di poin 7 dan 8 nya

    @elisabeth: nanya nya disini aja ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak,ngaruh ke konsistensi gak kalau kita cuma milih 1 ptn dan satu jurusan aja?

      Hapus
  5. kak disini belum dijelasin misalnya kita keterima, entah di pilihan satu atau dua, tapi kita gamau ngambil dan malah mau masuk ujian mandiri (misalnya karena waktu undangan kemarin salah jurusan dsb) pertanyaan saya
    1. apakah ptn itu memperbolehkan kita untuk ikut ujian mandiri lagi?
    2.apakah sekolah akan dapat blacklist jika tidak mengambil undangan itu

    makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi, kalau saya coba jawab boleh ga? Kalau dari pengalaman saya tahun lalu.
      Saran ya kalau memang kamu dapet jatah buat ikut snmptn undangan, isi memang ya sesuai dengan hati, jangan sampai salah jurusan. Soalnya, itu bakalan efek ke sekolah kalian. Teman saya sekolah nya kena blacklist salah satu universitas yang terkenal selama 3 tahun , gara2 kakak kelasnya ada yg ga ngambil univ tsb dan lebih milih buat kuliah di luar negeri.

      Jadi saran saya ya, kalo yakin sama satu univ, isi satu aja kayak saya kemaren. Hehe.
      Pilih sesuai hati dan minatmu, jgn lupa cari info dan pertimbangkan juga nilai, sama kapasitasmu. Biar ke depannya ga nyesel. Oke. ;)

      Hapus
  6. 1. kalo tahun lalu boleh. kalo ikut SNMPTN tulis lagi, harus ngelepas SNMPTN Undangannya, karena daftar ulang yang diterima undangan dan jadwal tes sama.

    2. sekolah mendapat blacklist apabila berlaku curang. kalo tidak mengambil undangan padahal udah diterima, maka efeknya mungkin (bisa ya bisa tidak) pengurangan nilai sekolahmu di mata PTN yg km lepas undangannya. bisa jadi adik kelas yang mau masuk PTN tersebut menjadi lebih sulit

    BalasHapus
  7. Mau tanya klo di itb penjurusan dilakukan pada taun kedua, brati bisa saja kita tidak diterima ke jurusan yang diinginkan ya? terimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bgt, jadi mereka itu tahun pertama ada TPB *lupa singkatannya* itu sama aja kayak SMA kelas 13. Tapi belajarnya fisika, kalkulus serta saudara2nya hehe.
      Biasanya nanti setelah snmptn ada matrikulasinya dan itu wajib, trus tahun pertama di sana ikut TPB dan hasil TPB itu nanti bakalan mempengaruhi buat penjurusannya. Jadi misalnnya kamu mau masuk teknik perminyakan di FTTM. Belum tentu setelah TPB kamu bakalan masuk di perminyakan, bisa aja malah di metalurgi.
      Itu setau saya sama info dari sosialisasi di ITB dulu pas saya kelas 12. Maaf kalo kurang tepat

      Hapus
    2. Kalo di ITB, pas masa Tahun Pertama Bersama ada kuesioner pilihan jurusan yang diadakan 3 kali.

      Saya FTTM, kalo di FTTM ada 4 jurusan, nanti anak-anak TPB ini ngisi kuesioner sesuai jurusan yang paling dipilih.

      Nanti yang paling berpengaruh sama jurusan yang dituju itu kuesioner ketiga.

      Misal, saya pas kuesioner 3 pilihan pertama Metalurgi, kedua Perminyakan, ketiga Pertambangan, keempat Geofisika.

      Kalo kuota metalurgi (tahun ini 70) penuh (peminat melebihi 70) maka akan diurut berdasarkan konsistensi kuesioner ( misal ngisi pilihan 1 metalurgi terus di ketiga kuesioner).
      Kalo gak dapet, akan dipindah ke pilihan kedua, dan begitu seterusnya.

      Ada yang bilang juga, kalo teknik perminyakan itu seleksinya juga pake IP.

      Itu setau saya, sebagai anak TPB FTTM tahun ini :)

      Hapus
    3. tp gan misalnya kita ambil FTSL, nanti penjurusannya yg FTSL lg kan. ga bisa ke yg laen?

      Hapus
  8. mau nanya, kalau kita ngambil jurusan teknik informatika di ITB padahal kita SMA jurusan IPS, bisa gak lolos snmptn undangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ITB ga bisa lintas jurusan sepertinya

      Hapus
    2. maaf kak saya belum jelas izin nanya lagi, kalau ngambil jurusan dkv di UNS tapi di SMA jurusan IPA, bisa ikut undangan ga?

      Hapus
  9. Permisi, mau tanya instrumentasi snmptn undangan ITB 2012 bagaimana ya min? terimakasih

    BalasHapus
  10. min saya lulusan.SMK Teknik
    tpi sya ingin ambil jurusan Hubungan Internasional,kira2 peluang saya gmana nih min?
    banyak yg blang klo snmptn undangan kalo kita nyebrang jurusan peluang diterimanya sempit.
    tapi saya ngga mau nerusin jurusan teknik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang begitu
      bisa mencoba di SBMPTN aja kalo gitu atau ujian mandiri

      Hapus
  11. min klo spmb ptn.nya syarat"nya apah ajah?? Yg lulusan thun lalu boleh ikut kan??

    BalasHapus
  12. Undangan itu yg ngutus sendiri atau sekolah sih? Dan akhir pengumpulan SNMPTN itu tgl berapa ya? Disekolah aku cuek sekali sama anak-anak any soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir 8 februari

      harus daftar sendiri tapi harus bedasarkan rekomen sekolah

      Hapus
  13. min ijin bertanya kalau PTN yang tdk memperbolehkn calon mahasiswanya lintas jurusan PTN mana aja??
    makasih

    BalasHapus
  14. min, kira-kira universitas apa saja yang boleh lintas jurusan untuk jalur snmptnnya?

    BalasHapus
  15. min, kira-kira universitas apa saja yang boleh lintas jurusan untuk jalur snmptnnya?

    BalasHapus
  16. UB boleh lintas gak min? makasih

    BalasHapus
  17. iya min, kira-kira undip bisa lintas jurusan ga? terus kalo misalkan saya milih snmptn sastra inggris undip kira2 bagaimana min?

    BalasHapus
  18. mohon infonya dong ka, kalau di UPI boleh lintas jurusan ga ya?

    BalasHapus
  19. sebelum nya- aku mau tanya kenapa sekarang sebagian univ tidah ada lintas jurusan?
    aku dari ipa aku mau ngambil jalur undangan di UNS yang ptma bimbingan dan konseling dan yang ke2 FKIB fisika.
    tang mau saya tnykan apakah di UNS boleh lintas jurusan #sekaligus minta sran nya

    BalasHapus
  20. kalo tahun ini yg gua tau gk boleh lintas jurusan baru UNS sma UNDIP.... kalo UI ipa boleh lintas ke ips, tpi seblikny gk boleh... klo ad yg tau di UB boleh lintas jurusan ap nggak email gua ya..

    BalasHapus
  21. mau nanya kalo sertifikat yg dilampirkan itu apakah harus dari sma? smp boleh ga?

    BalasHapus
  22. aku cukup bingung dengan pendaftaran snmptn..
    aku uda ngisi formulir pendaftaran tapi belum ngumpulin portofolio..
    apa itu bisa dikatakan udah mendaftar snmptn..??

    yang ke 2..
    pengumpulan portofolio kapan terakhir..
    setauku tanggal 8 tapi ada isu yang berhembus tanggal 4 mei terakhir. pengumpulannya.

    mohon info dongg...
    #bingung banget

    BalasHapus
  23. Saya mau Tanyak kenapa ya siswa lulusan SMK selalu dalam penyaringan hasil baik undangan sbmptn maupun lainya selalu di akhirkan dan kenapa Sekolah SMA selalu di dahulukan . kand siswa SMK juga ingin meraih cita citanya . gak semuanya siswa SMK bisa siap dlam menuju ke lapangan kerja . tolong yang adil

    BalasHapus
  24. min mau nanya kalo yg di maksud pemberdayaan SDM itu jatah untuk daerah siapa yg nge rekomen?

    BalasHapus