Informasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014

Apakah Blacklist SNMPTN Benar-benar Ada?

Hampir setiap setelah pengumuman SNMPTN, pasti ada banyak anak yang diterima, tapi kemudian merasa bahwa jurusan yang dipilihnya di SNMPTN tidak sesuai dengan minatnya. Ada banyak penyebab, diterima di Pilihan 2 atau memang ketika milih dulu memangtidak bedasar minat.

Padahal jika mereka melepas SNMPTN bisa berakibat blacklist PTN yang ditinggal terhadap sekolahmu.
Jadi misal si Melody dari SMA 48 Jakarta diterima SNMPTN di ITS trus dilepas, maka bisa jadi/kemungkinan adik kelasnya di SMA 48 Jakarta nanti akan lebih susah diterima di ITS. Bisa jadi/kemungkinan disini berarti tidak pasti. Karena sekolah yang diblacklist ini tidak dipublish dan pada kenyataannya ada beberapa PTN yang tidak mem-blacklist sekolah meskipun ada siswanya yang melepas SNMPTN di PTN tersebut.

Tapi memang blacklist itu ada, cuma memang sepertinya beda-beda perlakuannya tiap PTN. Ada PTN yang tegas banget. Jadi ketika ada yang melepas, maka total ga menerima calon mahasiswa dari sekolah yang bersangkutan, ada juga yang tetap menerima tapi berkurang jatahnya, dan ada juga yang tetap menerima seperti biasa.

Melihat semua kemungkinan diatas, memang sebaiknya usahakan benar-benar memikirkan jurusan ketika SNMPTN 2014 nanti sehingga tidak dilepas apabila diterima. Meskipun pilihan 2 juga sebaiknya juga dipikirkan sebaik mungkin.

Baca juga: Bagaimana Apabila Melepas SNMPTN Undangan?

Apakah Blacklist SNMPTN Benar-benar Ada? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ari Candra

2 komentar:

  1. Sekolah saya pernah kena blacklist dr salah satu PTN di Jawa barat, orang PTNnya yg ngomong sendiri saat sekolah saya study tour ke PTN tersebut.. Jadi saya percaya kalo sistem blacklist itu emang ada dan memang perlakuan tiap PTN beda2

    BalasHapus
  2. jadi blacklistnya cuma dr PTN yg dilepas kan. . .???
    bukan berarti 100% tdk bisa ikut snmptn. . .???

    BalasHapus