Informasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014

Pentingnya Data Nilai Raport Alumni

Indeks sekolah merupakan salah satu elemen penting dalam penilaian SNMPTN. Jadi apabila lo pengen mengira-ngira peluang masuk, maka kurang tepat apabila lo membandingin nilaimu dengan nilai anak di sekolah lain. Kenapa? Karena indeks sekolahnya beda. Jadi bisa jadi angka 75 di sekolah lo lebih bernilai dari pada angka 80 di sekolah lain, begitu pula sebaliknya.

Nah bedasarkan hal diatas, maka cara paling pas buat mengetahui peluang masuk adalah dengan melihat nilai alumni dari SMAmu yang tahun lalu diterima (maupun tidak diterima). Hal tersebut lebih akurat ketimbang lo lihat nilai alumni sekolah lain. Karena apabila lo membandingin nilai lo dan alumni SMA mu, maka lo membandingin nilai dari sudut pandang indeks sekolah yang sama.

Dengan melihat nilai yang diterima, maka lo bisa mengira-ngira peluang diterima. Sedangkan dengan melihat nilai yang ga diterima, maka lo bisa mengira-ngira peluang tidak diterima. Keduanya tujuannya sama, melihat peluang, namun pendekatannya aja yang beda. Intinya adalah kumpulin data sebanyak-banyaknya dan lakukan analisis terhadap data tersebut.

BK seharusnya punya data tersebut, jadi jangan ragu-ragu untuk bertanya ke BK tentang nilai raport alumnimu di SNMPTN undangan tahun-tahun sebelumnya. Jika BK mu tidak bisa memberi data nilai kakak kelasmu yang diterima tahun kemarin, maka jangan berkecil hati dan menyerah kepada keadaan, lo masih bisa minta data nilai ke alumnimu langsung. Ya jangan ragu-ragu untuk minta saran atau tanya nilai ke alumnimu yang tahun lalu diterima di Undangan. Manfaatkan sosial media. Tanyain satu-per-satu alumni yang kamu kenal atau bahkan ga kenal. “Kak, nilai raportnya dulu berapa aja kok bisa diterima, dan ngelampirin piagam apa aja?” Mereka pasti dengan senang hati membantu. Trust me! ;)

Jadi harapannya lo bisa tau nih, “oh… dengan indeks sekolah ku, alumni dengan nilai sekian-sekian, bisa diterima nih”. Jika nilaimu mencukupi (atau bahkan lebih baik), maka lo tinggal gambling di saingan tahun ini aja dan tinggal berdoa semoga saingannya maksimal seperti kakak kelas lo yang diterima itu, ga lebih. Beda halnya jika lo ga punya alumni di PTN yang kamu inginkan, dan ga ada data alumni buat pembanding. Maka selain lo gambling di saingan, lo juga gambling di indeks sekolah dan nilai.

Semakin banyak hal gambling, maka lo ga tau juga apakah jurusan yang kamu ambil ketinggian atau tidak, bagaimana peluangmu, dan lain-lain. Banyak yang bilang kalo SNMPTN Undangan itu seperti undian. Ya hal tersebut ga sepenuhnya salah, tapi juga ga sepenuhnya benar. Undian apabila lo ga bisa ngurangin hal gamblingnya. Asal daftar aja tanpa pertimbangan yang mateng, ga beda kayak kamu ikutan kuis dan diundi gitu aja. Jadi data nilai alumni itu SANGAT PENTING, usahakan dengan sangat untuk dapet datanya. Jangan males nyari data, karena jika diterima di SNMPTN Undangan ini, maka lo ga mesti capek-capek ikut tes macem-macem lagi sehingga bisa prepare kuliah lebih awal.

Pentingnya Data Nilai Raport Alumni Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ari Candra

19 komentar:

  1. kereen, makasih infonyaa :)) semoga dapet bermanfaat yaaa :))

    BalasHapus
  2. sorry sblmnya, ampir sependapat ama bang min.

    tapi.....:

    1. ad kakak kelas gua yang lulus di tahun 2011, yang pada waktu itu sklh gua BELUM ngelulusin angkatan Unggulan.
    dia daftar di PTN U&#& (pokoknya Univ TOP BGT di indo) dan mengambil ilmu hukum lewat jalur undangan. dia DITERIMA. selama di sekolah
    nilai rapotnya juga sangat baik, lengkap dengan prestasi tingkat nasional.

    2. ad juga kakak kelas yang lulus di tahun 2012, yang pada waktu itu sklh gua UDAH ngelulusin anggatan unggulan.
    dia daftar PTN dan prodi yang sama dengan kakak kelas yang no.1 lewt jalur undangan pula. dia TIDAK DITERIMA. selama di sekolah
    nilai rapotnya sangat" BAIK, dan prestasi nasionalnya juga jauh lebih waw di banding kakak no.1.

    3. kronologis ama kayak kakak no.1 (yg beda PTN dan prodi)

    4. sama ama kakak yang no.2 (PTN dan prodi ama kyk kakak no.3)

    ada apa itu gan?

    Note : kakak no.1 selama dia kuliah di tahun pertama di PTN trsebut, diapun sangat baik kinerjanya, bahkan dia sempet mewakili suatu ajang
    ampe ke china, mewakili PTN tersebut. artinya dia sudah memberikan suatu kesan, bahwa lulusan sklh gua itu, semuanya berkinerja baik.
    biasanya PTN akan marking nama" SMA yang kinerja alumninya baik di PTN mreka.

    berarti, setiap PTN/universitas akan memiliki mekanisme tersendiri, dan berbeda", sekaligus 'Misterius', mgkn nyari ada X-facor nya kali? atau luck-factor
    atau malah SMA" lain justru kinerjanya juga melambung begitu cepat juga. mgkn masih perlu juga sih lirik" nilai SMA" tetangga buat antisipasi dan mungkin akan jadi acuan no.1 kedepannya. dan tradisi liat" alumni tahun 2011-2012-2013 udh mulai gk berlaku, soalnya sampe skrg mekanisme dunia pendidikan juga lagi blm stabil/galau+berubah". ( just Opini ye gan ;p)

    belajar giat, tetap optimis, diiringi dengan doa tetap jadi senjata utama ya all.

    skedar pengalaman di sklh gua. thanks. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya disini melihat secara makro (luas/keseluruhan)

      Hapus
  3. makasih banyak infonya alhamdulillah bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. kalau untuk SMA Negeri yang masih Unit Sekolah Baru dan kebetulan blm punya alumni(angkatan 1) gmn kak? reply kak,please...

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh ikut, tapi jadi gambling
      coba aja kalo lolos ya syukur

      Hapus
  5. Kak, prestasi yg dilampirkan itu hrs berhubungan dng jurusan yg kita ambil atau gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga harus, tapi kalo berhubungan itu lebih baik

      Hapus
    2. Dalam pelampiran prestasi, jumlah prestasinya dibatasi ga kak?

      Hapus
  6. Kak mau nanya, pernah ada contoh kaka kelas saya tahun kemarin dia keterima jalur undangan do UPI serang (paud). Tapi dia malah ga ambil. Nah sekarang saya udah berharap pingin masuk UPI bandung paud juga ngambilnya. Itu apa bakal berpengaruh untuk angkatan saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksdx kak???maf kak,mw tx dengn mslah yg sma,
      trus pa yang hrs q lkukan,xl mw ambil di univ itu kak,,pa q gk usah dambil d univ it.padahal udah sekitar 5thn yg lalutrima tp gk dambil,,trus kakak2 dari skolahq yg daftar k univ itu gk diterima lwat undangan.
      mohon dijwab,,mkch

      Hapus
    2. nah itu rahasia universitas yang sampai sekarang ga ngebocorin mekanisme penerimaan maba lewat jalur undangan

      Hapus
  7. ka klo msalnya skolahnya blm pnya alumni gmna? soalnya sy dan tman2 sy angkatan prtama sklah itu

    BalasHapus
  8. rata-rata sih dari pengalaman-pengalaman kkak kelas gue, lebih banyak untungnya kalo kita pribadi punya piagam yang berhubungan dengan KIR. biasanya bisa nambahin nilai+
    kkak kelas gue,pinter enggak,bego juga enggak ,alhasil dapet kedokteran.
    good luck guys :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak temen saya gan, pake piagam KIR langsung tembus FK

      Hapus
  9. bagaimana kalau si alumni SMAnya jurusan ips sedangkan aku jurusa ipa
    apa bisa nilainya dibandingkan?

    BalasHapus
  10. gimana kalau yang ketrima itu, si alumni SMAnya jurusan ips
    apa bisa dibandingkan?

    BalasHapus