Informasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014

Bagaimana Apabila Melepas SNMPTN Undangan?

Fenomena yang umum terjadi setelah pengumuman SNMPTN undangan salah satunya adalah banyaknya peserta yang diterima yang mengundurkan diri/tidak daftar ulang

Alasannya macem-macem, tapi yang paling umum adalah mereka (yang ngelepas/ga daftar ulang di SNMPTN Undangan) adalah jurusan dimana mereka diterima, tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.

Nah pertanyaannya adalah, boleh ga tuh melepas atau ga daftar ulang jalur undangan/PPA?

Seorang peserta SNMPTN Jalur Undangan yang lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang (ke PTN tempat dia diterima) *pada saat pelaksanaan ujian SNMPTN Jalur Ujian Tertulis*. Jadi jadwal daftar ulang bagi yang diterima SNMPTN Undangan dan Jadwal SNMPTN tulis bersamaan, dan daftar ulang tidak boleh diwakilkan. Oleh sebab itu, jika tetap ingin mengikuti Jalur Ujian Tertulis, kamu harus melepaskan penerimaan di Jalur Undangan.

Di samping itu, perlu dipahami juga bahwa mungkin ada aturan tambahan yang diterapkan di PTN tempat kamu Jalur Undangan tersebut diterima, yang dapat merugikan mu tersebut sebagai individu atau sekolahmu, apabila tempat yang sudah diberikan tersebut dilepas. Misalnya aja adik kelasmu tahun depan menjadi lebih sulit diterima di PTN yang kamu lepas tersebut. Atau kamu tidak bisa mendaftar di PTN tersebut lagi di jalur lain.

Tapi yang jelas apabila kamu melepas SNMPTN Undanganmu, sekolahmu tidak akan di blacklist. Blacklist cuma akan diberikan panitia SNMPTN untuk sekolah yang curang. adapun apabila melepas atau tidak daftar ulang, akibatnya seperti yg telah gue jelasin diatas, yaitu MUNGKIN adik kelasmu semakin sulit diterima di PTN yang km lepas tersebut dan MUNGKIN kamu ga bisa daftar di PTN tersebut di jalur mandiri. (kebijakan ini tergantung masing-masing PTNnya)

Oleh karena itu penting bagimu buat nentuin jurusan yang benar-benar kamu inginkan, sehingga apabila nanti diterima, ga nyesel dan ujung-ujungnya ngelepas. Jangan asal-asalan milih jurusan, sesuaikan dengan passion dan hati nuranimu. </!--more-->

Bagaimana Apabila Melepas SNMPTN Undangan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ari Candra Arista

3 komentar:

  1. Jadi sistem blacklist langsung karena meninggalkan univ yg gak jadi kita masuki (padahal lulus di snmptn undangan). Soalnya guru" sering tuh kayak gitu bilang nya ke murid", kalau kita tinggalin, sekolah bakal di blacklist. -_-

    BalasHapus
  2. semisal kalo ngelepas undangan untuk mengikuti ujian tulis dan akhirnya keterima di univ lain yang diharapkan. Nama kita dicoret dari daftar keterima nggak? kan kita udah "ngelepas undangan" itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus